Laman

Finlandia, negara dengan pulau terbanyak di dunia

Finlandia, negara dengan pulau terbanyak di dunia



Republik Finlandia (b. Finlandia: Suomen tasavalta, b. Swedia: Republiken Finland) adalah sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.

www.haxims.blogspot.com

Ibukota negara penghasil telepon genggam Nokia ini adalah Helsinki. Penduduknya sebesar lima juta jiwa mendiami lebih dari 330.000 km² sehingga negara ini terdapat dalam urutan ke-162 dalam kepadatan penduduk di dunia.

www.haxims.blogspot.com


Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau; 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.

Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Åland, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.

Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat.

Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin


beberapa nama pulau di Finlandia
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_islands_of_Finland

This is a list of islands of Finland. Within Finland's borders there are 789 islands of over 1 km2 area. Most of these are inhabited, and with a road connection to the mainland. There are 455 permanently inhabited islands in Finland with no road connection to mainland. Many other islands are used nearly permanently for recreational purposes. Smaller isles number in tens of thousands.
This list is incomplete; you can help by expanding it.
Åland Islands
Bengtskär
Björkö (Korsholm)
Emäsalo
Enonsaari
Fasta Åland
Hailuoto
Harmaja
Hirvensalo
Houtskär
Iniö
Islands of Turku
Jurmo
Jussarö
Kakskerta
Kataja
Kimitoön (Kemiönsaari)
Koivusaari
Kökar
Kokkosaari
Korkeasaari
Korpo
Kråkö
Kuivasaari
Kulosaari
Kustavi
Kvarken
Kytö
Laajasalo
Lauttasaari
Luonnonmaa
Mäkiluoto
Maly Vysotsky Island
Märket
Mulkkusaaret
Nagu
Öja (island)
Otava (island)
Pellinki
Pihlajasaari
Raippaluoto (Replot)
Reposaari
Ruissalo
Rymättylä
Sääminginsalo
Santahamina
Särkisalo
Satava
Seurasaari
Själö
Soisalo
Storlandet
Suomenlinna
Suvisaaristo
Tammisalo
Ukonkivi
Utö, Finland
Valsörarna
Väski
Velkua
Vessölandet

via google maps
http://www.google.com/maps Aland Islands, Finlandia, pic dibawah hanya sekitaran pulau Aland gan... yang laennya silakan ke google maps sendiri yaa.. trus itungin deh...

Photobucket

finlandia
Photobucket
Photobucket

Sumber : http://haxims.blogspot.com/2010/06/finlandia-negara-dengan-pulau-terbanyak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails