Laman

Warga tuban membuat snack terbuat dari tanah

Di Tuban, sebuah desa di provinsi Jawa Timur Indonesia, tanah digunakan untuk membuat "ampo" atau snack yang memiliki sifat obat.

Menurut Rasima, koki ampo Tuban, tidak ada resep nyata untuk membuat makanan ringan yang terlihat aneh ini. Semua dia lakukan deangan cara mencari tanah yang bersih, tanah yang bebas dari kerikil, di sawah-sawah dimana tempat mereka tinggal, diubah ke blok yang solid, dengan menggunakan tongkat, dan gulungan mengorek tanah tersebut, dengan menggunakan pisau bambu. Gulungan tanah tersebut kemudian dipanggang dan dibakar selama satu jam lamanya. Rasima kemudian mengambil makanan ringan bersahaja ke pasar desa terdekat dimana mereka tinggal, di mana dia mendapatkan sekitar Rp. 20.000 dari hasil penjualan snack yang terbuat dari tanah, dan dapat digunakan untuk menambah penghasilan keluarganya.

Tuban mungkin salah satu desa yang hanya satu di dunia ini yang membuat snack yang terbuat berbahan dari tanah. Mungkin banyak orang di seluruh dunia, yang menikmati makan pasir, atau kaolin, tapi tidak dengan cara membakar tanah untuk dibuat snack. Penduduk desa percaya ampo adalah pembunuh rasa sakit alami, dan itu membuat kulit bayi lembut, jika dimakan oleh ibu pada saat keadaan hamil.




Cara pemilihan material tanah yang akan dijadikan snack 

Tanah dipukul-pukul agar mudah untuk mengorek-ngorek tanahnya


Proses pengorekan tanah


Hasil dari pengorekan


Proses pembakaran


Silahkan dinikmati
Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4715122 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails