Laman

Alasan kenapa burung tidak kesetrum bertengger di kabel tiang listrik


Tersengat listrik (electric shock) atau kesetrum secara sederhana sebagai suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke tubuh. Sengatan listrik terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Ketika tersengat listrik, terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita.
Bumi atau tanah memiliki potensial rendah. Hal ini menyebabkan listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor. Ketika kesetrum, manusia merupakan konektor atau konduktor.Nah sekarang pertanyaannya mengapa burung tidak kesetrum apabila bertengger di kabel tiang listrik?

Ini dia jawabannya :
Dalam arus listrik terdapat arus elektron yang dapat mengalir pada rangkaian tertutup. Contoh sederhana : Kutub positif (+) baterai yang disambungkan dengan bola lampu, dari bola lampu disambungkan ke kutub negatif (-) baterai, bola lampu pun menyala. Jika tidak disambungkan, tidak menyala karena elektronnya tidak dapat mengalir bila beda potensial tidak dihubungkan dengan bahan konduktor dan membentuk rangkaian tertutup.Burung tidak tersengat listrik (tdk kesetrum) karena hanya menginjak salah satu kabel listrik.

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4648265

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails